“ Dua perkara yang sesiapa dapat perolehinya akan ditulis dirinya sebagai hamba yang bersyukur dan sabar, sesiapa yang gagal dalamnya, tidak akan ditulis sebagai orang bersyukur dan sabar. Iaitu sesiapa yang melihat tentang agamanya kepada mereka yang jauh lebih baik darinya, lalu ia berusaha mengikutinya, dan dalam hal keduniaan mereka melihat kepada orang-orang yang kurang darinya sehingga ia memuji Allah atas nikmat yang diperolehinya ..” ( Riwayat At-Tirmidzi)

Followers

Follower yang ke -100 Syed Azaharul

Tuesday, February 16, 2010

Bulan Rabi'ul Awal Bulan Kelahiran Rasullullah S.A.W.


Bulan Rabi'ul Awal merupakan bulan yang sangat mulia bagi kaum muslimin. Di bulan inilah terlahir seorang yang sangat dibanggakan dan dicintai oleh umat islam di seluruh dunia.

Pembawa wahyu Allah SWT untuk menyelamatkan umatnya dari kegelapan dunia menuju ke jalan yang terang benderang sebagai bekal untuk ke akherat nanti. Dialah Rasulullah "Muhammad SAW". Seorang yang sangat menyayangi umatnya hingga di akhir hayatnyapun mengucapkan "Umatku...umatku...". Dialah satu-satunya yang dapat memberi syafa'at kepada manusia di hari yang sangat berat itu.

Lahirnya Rasulullah SAW di hari isnin tanggal dua belas Rabi'ul Awal bukanlah suatu kebetulan atau tanpa hikmah dan faedah tertentu. Akan tetapi di situ terdapat hikmah tersendiri yang jika seorang muslim menyakininya, nescaya akan menambah kecintaannya kepada beliau.Hikmah tersebut adalah:

Pertama : Sebuah Hadis di sebutkan bahwa "Allah SWT menciptakan pepohonan di hari isnin ". Hadis ini merupakan peringatan yang sangat mulia bagi umat Islam iaitu Bahwa: " Allah menciptakan bahan makanan, Rezeki, buah-buahan dan kebaikan-kebaikan yang dengan itu anak Adam berkembang biak dan bertahan hidup serta membuat hatinya senang melihatnya, adalah agar mereka lega dan tenang untuk mendapatkan sesuatu yang membuatnya hidup sesuai dengan hikmah Allah SWT.

Maka dengan lahirnya Rasulullah SAW di hari itu, itu adalah sebagai keceriaan dan kebahagian untuk semua (Qurratui 'uyun), dan tidak diragukan lagi bahwa hari isnin adalah hari yang penuh barakah dan menjadi barakah karena kelahiran seorang Rasul yang mulia. Beliau telah ditanya tentang hari ini kemudian menjawab: "Hari itu adalah hari dimana aku dilahirkan".

Kedua : Lahirnya Rasulullah SAW dibulan Rabi' merupakan isyarat yang sangat jelas bagi orang yang cerdas dan mengerti tentang asal mula kalimat Rabi' ,iaitu bahwa dalam kalimat tersebut terdapat makna optimis atas datangnya sang pembawa khabar gembira bagi umatnya.

Maka kelahiran Nabi Muhammad SAW di bulan ini adalah sebagai isyarat yang sangat nyata dari sang pencipta agar kita mengagungkan dan memujinya karena ketinggian martabat Rasul SAW. Dimana beliau adalah sebagai pembawa khabar gembira bagi semua yang ada di alam semesta, serta rahmat bagi mereka dari berbagai kehancuran dan ketakutan di dunia dan di akherat. Sebahagian dari Rahmat Allah SWT yang paling agung iaitu anugerah Allah SWT kepada Rasulullah SAW untuk memberikan hidayah bagi umat islam menuju jalan yang lurus. Sebagai mana dalam firman Allah SWT :

(وَإِنَّكَ لَتَهْدِي إِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ ) [ الشورى : 52]

"Sesungguhnya kamu benar-benar memberi petunjuk kepada jalan yang lurus".

Ketiga
: Tidakkah kita melihat bahwa Musim Arrabi' adalah musim yang paling stabil dan paling bagus, karena di situ tidak ada dingin yang sangat mengganggu dan tidak juga panas yang memberi gelisah, di siang dan malamnya tidak terlalu lama. Akan tetapi semua seimbang dan stabil. Dia adalah musim yang terbebas dari penyakit-penyakit seperti di musim gugur, panas, dan dingin. Akan tetapi manusia menjadi segar dan ghairah di musim ini, sehingga malamnya menjadi waktu yang sangat tepat untuk bertahajud, dan siangnya untuk berpuasa. Hal tersebut menyerupai keadaan syari'at islam yang tengah-tengah serta memudahkan bagi umatnya.

Keempat : Allah SWT telah berkehendak untuk menjadikan mulia berbagai tempat dan waktu dengan adanya Nabi, bukannya menjadikan mulia Nabi dengan adanya tempat dan waktu. Maka tempat dan waktu itulah yang mendapatkan kemuliaan serta keutamaan dan keistimewaan yang sangat besar dengan kedatangannya Nabiullah Muhammad SAW.

Memang benar, karena jikalau Rasulullah SAW dilahirkan di bulan Ramadhan contohnya atau di bulan-bulan haram lainnya atau di bulan Sya'ban,nescaya orang akan menyangka bahwa Nabi menjadi mulia dikarenakan beliau di lahirkan di bulan-bulan tersebut, karena keistimewaan dan keunggulannya dari bulan-bulan lainnya. Akan tetapi Allah yang Maha Adil telah berkehendak untuk melahirkan baginda Rasul SAW di bulan Rabi'ul Awal, agar bulan ini menjadi mulia dan tampak bersinar terang. Dalam sebuah Sya'ir dikatakan:

وتضوعت بك مسكا بك الغبراء
بك بشر الله السماء فزينت
ومساؤه بمحمد وضاء
يوم يتيه على الزمان

"Karenamu wahai Muhammad, Allah SWT memberi khabar gembira kepada langit hingga diapun berhias.Dan karenamulah, debu-debu kotor menjadi berbau minyak misik".
"Hari dimana dalam keadaan bingung di sebuah zaman, siangnya menjadi terang, di karenakan datangnya Muhammad".

Sumber


2 comments:

Syed Azaharul said...

Itu kisah kelahiran Baginda. Bagaimana pula dengan kewafatan baginda?

Ada pendapat mengatakan Nabi wafat kerana diracun Yahudi.

Beliau bersabda saat sakit menjelang wafat, " Wahai Aisyah, aku masih merasakan sakit karena makanan yang pernah aku cicipi di perang Khaibar . Dan inilah saatnya bagiku merasakan bagaimana terputusnya nadiku karena racun itu " ( HR. Bukhari )

Ibnu Mas'ud RA menegaskan , " Seandainya aku bersumpah sebanyak sembilan kali bahwa beliau wafat karena dibunuh, maka hal itu lebih aku sukai daripada aku bersumpah sekali bahwa beliau wafat bukan karena terbunuh ."

Sharinginfoz said...

terima kasih ingat mengingati antara satu sama lain..

Workplace Romance????

Datang Kerja Kul 10 Pagi????

Jaamiah Al-Azhar As-Syarif


Copy this code to your website to display this banner!